Published on January 28th, 2019 | by Admin
0Semiloka Kurikulum Berbasis KKNI Prodi Akuntansi
Kampus STIE Lhokseumawe- Senin (28/1/2019). Bertempat di ruang Aula STIE Lhoksuemawe, Program Studi Akuntansi melaksanakan Semiloka Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Semiloka Kurikulum KKNI dihadiri oleh dosen, staf, mahasiswa, Alumni dan dari dunia usaha. dengan narasumber Dr.Mirna Indriani, S.E.,M.Si.Ak.CA (Akademisi FEB-UNSYIAH dan Ketua Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Aceh), yang di moderatori oleh Neni Triana, S.E., M.SM
Semiloka dibuka oleh Ketua STIE Lhokseumawe Irfan, S.E., M.Si Dalam sambutannya, Ketua menyatakan bahwa semiloka ini sangat penting untuk mendapat fomulasi kurikulum karena Prodi Akuntansi sedang dalam proses reakreditasi. Hendaknya kurikulum yang akan dihasilkan dalam semiloka ini mempunyai karakteristik Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) (scientific vision), Kebutuhan masyarakat (societal need), Kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder need).
Wakil Ketua Bidang Akademik Mulia Andirfa, S.E,.M.Si sangat mengapresiasi pikiran-pikiran dan kolaborasi berbagai pihak, dari kalangan akademisi, dari dunia usaha dan dari pemerintah yang telah memberi masukan dalam semiloka kurikulum ini. Rancangan Kurikulum yang akan dihasilkan pastilah sangat sesuai dengan apa yang di harapkan.
Berbagai masukan dan saran dari peserta semiloka yang hadir, dosen dan mahasiswa serta stakeholder lain pada panel diskusi menjadi pengaya bagi penyusunan kurikulum Prodi Akuntansi yang akan bermuatan, berciri dan berkarakter mendapat suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap lulusan dengan mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes).
Ketua panitia sekaligus Ketua Prodi Maryana, S.E.,M.Si.Ak menyatakan bahwa semiloka kurikulum ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman tentang KKNI serta memberikan gambaran tentang langkah teknis penyusunan kurikulum yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi (kompetensi utama) dan kompetensi tambahan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan profil jurusan dan profil lulusan yang sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi untuk jenjang Sarjana (S1).